Rujak Cingur - PerigiWisataKuliner
Rujak cingur adalah salah satu makanan tradisional khas Surabaya. Nama rujak cingur diambil dari kata bahan dasar yang digunakan untuk membuat makanan tersebut yaitu “Rujak” dan “Cingur” yang artinya merupakan campuran buah-buahan dan sayuran dan dihidangkan dengan sambal. Sedangkan cingur sendiri artinya mulut atau moncong sapi.
Perpaduan antara buah-buahan, sayuran dan cingur yang diolah menjadi satu memiliki citarasa yang khas. Cara membuatnya cukup mudah. Bahan dasar berupa cingur direbus hingga empuk dan dipotong kecil-kecil, kemudian dicampurkan bersama buah-buahan dan sayuran.
Biasanya buah-buahan yang digunakan sebagai pelengkap menu makanan ini antara lain mangga muda, bengkoang dan kedondong. Untuk sayurannya seperti mentimun, kangkung, kecambah dan kacang panjang.
Sedangkan untuk bahan tambahan lainnya yaitu lontong, tempe goreng dan tahu goreng. Bahan-bahan tersebut dipotong kecil-kecil kemudian dicampurkan ke dalam piring dan disiram saus bumbu yang terbuat dari bahan petis udang, kacang goreng, gula, cabai rawit, garam, bawang goreng dan irisan pisang klutuk yang masih muda.
Setelah semua dicampurkan kemudian semua bahan dan saos diaduk menjadi satu agar rasanya lebih merata dan rujak cingur siap disajikan.
Jika dilihat sekilas, rujak cingur menyerupai gado-gado. Namun perbedaanya, pada rujak cingur menggunakan buah-buahan dan cingur. Selain itu, saos untuk bumbunya juga berbeda, menggunakan bumbu petis dan bahan lainnya.
Hal yang membuat istimewa pada rujak cingur yaitu menggunakan buah-buahan sehingga ada perpaduan rasa antara buah dan sayur yang menjadi citarasa yang unik pada rujak cingur. Selain itu rasa kenyal yang didapatkan dari cingur, tentu memberikan sensasi tersendiri saat menyantapnya. Selain di Jawa Timur, rujak cingur dapat ditemui di berbagai kota di Indonesia.

BACA JUGA - Serabi