Getuk Lindri - PerigiWisataKuliner

Getuk merupakan jenis makanan dengan bahan utama dari singkong. Getuk adalah makanan khas betawi yang sering dijumpai di daerah Jawa Tengah maupun Jawa Timur selain di Jakarta. Pengolahan getuk berawal dari singkong yang sudah dikupas, selanjutnya dikukus atau direbus. Lalu sesudah matang ditumbuk atau digiling, kemudian ditambahkan gula dan pewarna makanan. Untuk penyajian, getuk lindri biasanya diberikan taburan parutan kelapa.

Getuk lindri sebenarnya merupakan varian dari jenis getuk biasa. Pada getuk biasa, cukup dengan menghaluskan singkong  kemudian diuleni bersama potongan – potongan gula jawa. Sedangkan pada getuk lindri, singkong yang sudah dihaluskan dicetak menjadi kecil-kecil memanjang (mirip seperti pembuatan mie) dengan ketebalan 2 cm dan lebar 4 cm. Getuk lindri juga memiliki warna yang lebih bervariasi seperti pink, coklat, merah mudah dan original.

CERITA DIBALIK RASA MANIS GETUK LINDRI :

 Tahukah Anda asal mula diberi nama getuk lindri? Ternyata istilah “lindri” diambil dari alat penggulung yang membuat jenis getuk ini. Singkong yang dihaluskan akan keluar dari sebuah mesin bernama lindri dalam bentuk gulungan panjang, kecil dan berserat serta dapat dipotong sesuai selera. Ada juga yang mengkaitkan sejarah getuk lindri dengan kisah legenda seorang penjual getuk bernama Pak Gatot dan saingannya yang bernama Bu Indri. Karena perseteruan dari kedua penjual getuk tersebut, masyarakat pun memberi nama getuk ini dengan “GatotIndri”. Supaya lebih enak didengar, masyarakat kemudian menggantinya menjadi Getuk Lindri. Terlepas dari benar tidaknya cerita tersebut, getuk lindri sudah menjadi makanan khas Jawa Tengah lebih dari 1 abad.

BACA JUGA- Kue Cucur